Kenal Lebih Dekat dengan Ragam Bacaan Anak: BEDTIME STORY (6/13)

 

BEDTIME STORY (6)

Kenal Lebih Dekat dengan Ragam Bacaan Anak

Oleh: Astri Dwi Andriani

Pic from Google



Di Indonesia terdapat beragam bacaan anak. Ada Cerpen (cerita pendek), Cernak (cerita anak), Novak (Novel Anak), dongeng, fabel, petualangan, cerita keseharian, dan seterusnya. Dalam literatur anak, format bacaan anak terdiri dari:

1.       Picture book, cirinya adalah dominasi ilustrasi, dan teks yang sedikit. Jumlah halaman paling banyak 32 halaman. Targetnya adalah anak-anak usia dini.

2.       Illustrated book, cirinya adalah teks lebih banyak, ilustrasi hanya untuk membantu dan melengkapi. Target pembaca adalah anak-anak TK-SD kelas rendah. Illustrated book bisa berisi satu cerita panjang, bisa juga beberapa cerita pendek yang dikumpulkan dalam satu buku. Di luar sana dikenal sebagai Kumcer (kumpulan cerita) atau Kumdong (kumpulan dongeng). 

3.       Novela, novelet, novel pertama (first novel), novel transisi, adalah novel pendek untuk peralihan bagi anak yang biasa baca Picbook ke novel yang lebih padat teksnya. Secara umum untuk anak SD kelas rendah. Halaman jadinya paling banyak 56-64 halaman.

4.       Novel anak (middle grade novel), untuk anak lebih besar, biasanya 8 atau 9 tahun ke atas.

5.       Novel preteen, teen, young adult, remaja, untuk anak usia 11 tahun ke atas. (Nilandari, dalam Hidayati, 145)(*)

Komentar

Postingan Populer