Memilih Dongeng untuk Anak Usia 2-4 Tahun: BEDTIME STORY (8/13)

 

BEDTIME STORY (8)

Memilih Dongeng untuk Anak Usia 2-4 Tahun

Oleh: Astri Dwi Andriani

Pic by Google


Pemilihan Dongeng untuk Anak-anak Dongeng-dongeng yang beragam akan menjadi menarik jika diberikan kepada anak sesuai dengan pemilihan ceritanya. Memilih cerita merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh pendongeng  sebab pemahaman anak berbeda-beda sesuai dengan usianya. Menurut Haryani (dalam Bawono, 2013:181-182) beberapa cerita yang kira-kira dapat dipahami oleh anak dan cocok dengan pengalaman anak-anak.

Salah satunya adalah pemilihan dongeng anak usia 2-4 tahun. Tahapan ini adalah usia pembentukan. Banyak sekali konsep baru yang harus dipelajari anak pada usia ini. Di usia 2-4 tahun anak sangat tertarik mempelajari manusia dan kehidupan. Itulah sebabnya mengapa anak-anak suka sekali meniru tingkah laku orang dewasa.

Misalnya, diungkapkan lewat bermain tamu-tamuan, dokterdokteran, dan lainnya. Bisa juga orang tua menceritakan tentang karakter-karakter binatang yang disesuaikan dengan keseharian anak. Hal ini bisa dilakukan karena anak sudah pandai berfantasi. Fantasi ini mencapai puncaknya pada saat anak berusia 4 tahun. Begitu tingginya daya imajinasi anak pada usia ini, kadang-kadang anak tidak dapat membedakan antara kenyataan dan fantasi. Itulah sebabnya di usia ini anak sangat takut pada kegelapan atau sesuatu yang menakutkan. (*)

Komentar

Postingan Populer