Memilih Dongeng untuk Anak Usia 0-2 Tahun: BEDTIME STORY (7/13)

 

BEDTIME STORY (7)

Memilih Dongeng untuk Anak Usia 0-2 Tahun

Oleh: Astri Dwi Andriani

Pic from Google


Pemilihan Dongeng untuk Anak-anak Dongeng-dongeng yang beragam akan menjadi menarik jika diberikan kepada anak sesuai dengan pemilihan ceritanya. Memilih cerita merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh pendongeng  sebab pemahaman anak berbeda-beda sesuai dengan usianya. Menurut Haryani (dalam Bawono, 2013:181-182) beberapa cerita yang kira-kira dapat dipahami oleh anak dan cocok dengan pengalaman anak-anak.

Salah satunya adalah pemilihan dongeng anak usia 0-2 tahun. Usia ini merupakan awal masa perkembangan sensori motorik sehingga semua tingkah laku dan pemikiran anak didasari pada hal itu. Untuk anak seusia ini, pilihlah cerita dengan obyek yang ada di sekitar lingkungan anak, karena anak memerlukan visualisasi dari apa yang diceritakan.

Untuk memudahkannya, pilih sesuatu yang sudah dikenal anak, misalnya cerita tentang sepatu atau kucing yang ada di rumah. Dengan demikian anak semakin mudah memahami cerita karena obyek yang ada dalam cerita sangat akrab dengan kehidupan sehariharinya. Jika pendongeng bercerita dengan bantuan buku, carilah buku dengan sedikit teks, tetapi sarat gambar agar anak tidak bosan dan  berkurang minatnya. Anggaplah buku itu sebagai bagian dari mainan dan hiburan. (*)

Komentar

Postingan Populer