Bentuk WOM (Word of Mouth/Pemasaran dari Mulut ke Mulut)
Bentuk Word of Mouth Communication
Oleh: Astri Dwi Andriani
Pict by google |
Terdapat dua bentuk berita dari mulut ke mulut yaitu
pemasaran buzz dan viral (Kotler & Keller, 2009).
“Pemasaran buzz (gosip) dapat menghasilkan ketertarikan, menciptakan
publisitas, dan mengekspresikan informasi baru yang berhubungan dengan merek
melalui sarana yang tak terduga. Sedangkan pemasaran viral (menular seperti virus) merupakan bentuk lain dari word of
mouth yang mendorong konsumen menceritakan produk atau jasa yang ditawarkan
oleh perusahaan atau informasi audio, video, tertulis kepada orang lain. Produk
tidak harus canggih atau mengejutkan untuk dapat menghasilkan buzz dan tidak ada alat ukur pasti
untuk WOM, namun perusahaan dapat melihat dari sisi penjualan.”12
Lebih jauh, Peneliti, jabarkan mengenai Buzz dan Viral
Marketing, sebagai berikut:
a.
Buzz (gosip)
”Buzz” dalam bahasa Indonesia berarti ”dengung” seperti
lebah. Jadi Buzz Marketing adalah teknik pemasaran yang dilakukan
untuk menghasilkan bisnis melalui informasi dari mulut ke mulut. Buzz marketing
merupakan sebuah teknik dari viral marketing yaitu mengirimkan informasi ke
orang lain dan berharap orang lain meneruskan ke orang lain.
b.
Viral
Merupakan
teknik-teknik marketing dimana sebuah perusahaan mengirimkan pesan ke orang
lain dan kemudian si penerima pesan akan meneruskan ke orang lain juga. Begitu
seterusnya sehingga terjadi pertumbuhan yang bersifat eksponensial
(saling berhubungan).Catatan Kaki:
12) Kotler Philip
dan Keller Kevin Lane, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Jakarta,
Erlangga, 2009.
Daftar Pustaka:
Kotler Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran: Jilid 1, Erlangga,
Jakarta, 2009.
Komentar
Posting Komentar