Bentuk WOM (Word of Mouth/Pemasaran dari Mulut ke Mulut)

Bentuk Word of Mouth Communication
Oleh: Astri Dwi Andriani

Pict by google

Terdapat dua bentuk berita dari mulut ke mulut yaitu pemasaran buzz dan viral (Kotler & Keller, 2009).
Pemasaran buzz (gosip) dapat menghasilkan ketertarikan, menciptakan publisitas, dan mengekspresikan informasi baru yang berhubungan dengan merek melalui sarana yang tak terduga. Sedangkan pemasaran viral (menular seperti virus) merupakan bentuk lain dari word of mouth yang mendorong konsumen menceritakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan atau informasi audio, video, tertulis kepada orang lain. Produk tidak harus canggih atau mengejutkan untuk dapat menghasilkan buzz dan tidak ada alat ukur pasti untuk WOM, namun perusahaan dapat melihat dari sisi penjualan.12

Lebih jauh, Peneliti, jabarkan mengenai Buzz dan Viral Marketing, sebagai berikut:
a.       Buzz (gosip)
”Buzz” dalam bahasa Indonesia berarti ”dengung” seperti lebah. Jadi Buzz Marketing adalah teknik pemasaran yang dilakukan untuk menghasilkan bisnis melalui informasi dari mulut ke mulut. Buzz marketing merupakan sebuah teknik dari viral marketing yaitu mengirimkan informasi ke orang lain dan berharap orang lain meneruskan ke orang lain.
b.      Viral
Merupakan teknik-teknik marketing dimana sebuah perusahaan mengirimkan pesan ke orang lain dan kemudian si penerima pesan akan meneruskan ke orang lain juga. Begitu seterusnya sehingga terjadi pertumbuhan yang bersifat eksponensial (saling berhubungan).






Catatan Kaki:
12)  Kotler Philip dan Keller Kevin Lane, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Jakarta, Erlangga, 2009.




Daftar Pustaka: 
Kotler Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran: Jilid 1, Erlangga, Jakarta,    2009.

Komentar

Postingan Populer