Pemasaran, Pemasaran dari Mulut ke Mulut, Word of Mouth, Word of Mouth Communication, Komunikasi, Sumber Word of Mouth

Sumber Word of Mouth (Pemasaran dari Mulut ke Mulut)
Oleh: Astri Dwi Andriani


picture by google

Kurtz dan Clow dalam Harsasi (2006) membagi 3 sumber darimana WOM
berasal, yakni personal sources atau sumber personal, expert sources atau sumber ahli, dan derived sources atau sumber ketiga. Lebih jelas mengenai hal tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:
1)      Personal Sources
Meliputi teman, keluarga, maupun rekan kerja. Contohnya dalam memilih restoran favorit, calon konsumen akan bertanya pada teman atau keluarga tentang restoran mana yang akan direkomendasikan.
2)      Expert Sources
Diperlukan terutama untuk pembelian jasa yang memerlukan keterlibatan tinggi. Konsumen akan lebih percaya seorang ahli yang memiliki informasi yang dinilai lebih baik dari sumber informasi personal. Contohnya dalam menyewa jasa pengacara, meminta pendapat seorang ahli sangat diperlukan. Sumber ini akan lebih bernilai ketika konsumen tidak memiliki pengetahuan yang cukup akan informasi jasa ideal yang harusnya mereka dapatkan.
3)       Derived Sources

Digunakan dalam membentuk ekspektasi dan berasal dari sumber ketiga. Contohnya ialah testimoni pada iklan yang mengarahkan dan meyakinkan calon kosumen lainnya terkait kehandalan produk yang dikonsumsi.




Daftar Pustaka: 
Harsasi Meirani, WOM dalam Industri Jasa: Kaitannya dengan Sikap dan Kemungkinan    Membeli, Jurnal Bisnis Strategi, Vol.15, 2006.

Komentar

Postingan Populer