Pemasaran, Pemasaran dari Mulut ke Mulut, Word of Mouth, Word of Mouth Communication, Komunikasi, Sumber Word of Mouth
Sumber Word of Mouth (Pemasaran dari Mulut ke Mulut)
Oleh: Astri Dwi Andriani
picture by google |
Kurtz dan Clow dalam Harsasi (2006) membagi 3 sumber
darimana WOM
berasal,
yakni personal sources atau sumber personal, expert sources atau sumber ahli, dan derived sources atau sumber ketiga. Lebih jelas mengenai hal
tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:
1)
Personal
Sources
Meliputi teman, keluarga, maupun rekan kerja.
Contohnya dalam memilih restoran favorit, calon konsumen akan bertanya pada
teman atau keluarga tentang restoran mana yang akan direkomendasikan.
2)
Expert
Sources
Diperlukan terutama untuk pembelian jasa yang
memerlukan keterlibatan tinggi. Konsumen akan lebih percaya seorang ahli yang
memiliki informasi yang dinilai lebih baik dari sumber informasi personal.
Contohnya dalam menyewa jasa pengacara, meminta pendapat seorang ahli sangat
diperlukan. Sumber ini akan lebih bernilai ketika konsumen tidak memiliki
pengetahuan yang cukup akan informasi jasa ideal yang harusnya mereka dapatkan.
3)
Derived Sources
Digunakan dalam membentuk ekspektasi dan berasal
dari sumber ketiga. Contohnya ialah testimoni
pada iklan yang mengarahkan dan meyakinkan calon kosumen lainnya terkait
kehandalan produk yang dikonsumsi.
Daftar Pustaka:
Harsasi Meirani, WOM
dalam Industri Jasa: Kaitannya dengan Sikap dan Kemungkinan Membeli, Jurnal Bisnis
Strategi, Vol.15, 2006.
Komentar
Posting Komentar