Mengelola Word of Mouth

Mengelola Word of Mouth
Sebenarnya implikasi WOM terhadap para pemasar antara lain mereka akan terfokus kepada kepuasan pelanggan. Menurut Putri (2007), jika pelanggan puas tentunya mereka akan mempromosikan dengan cara WOM. Selain berfokus kepada kepuasan pelanggan, pemasar juga bisa mengelola aktivitas WOM dengan cara-cara: 
1)      Conversation tracking, yaitu memonitor pembicaraan yang berkaitan dengan suatu merek, baik pembicaraan offline maupun online. 
2)      Menciptakan komunitas dengan ketertarikan/bidang yang sama. 
3)      Program brand advocacy, yaitu memilih pelanggan yang loyal untuk bertindak mewakili brand tersebut. 
4)      Memberikan pelayanan yang superior, sehingga menciptakan kepuasan pelanggan. 
5)      Blog marketing, yaitu mengelola blog perusahaan ataupun terkait dengan produk dan berhubungan dengan orang lain melalui blog. 
Influencer marketing, yaitu mengidentifikasi siapa saja yang besar pengaruhnya dalam sebuah social network dan bekerjasama dengan mereka.”16





Catatan Kaki: 

16) Putri, R, Buzz Marketing, paling Efektif di Indonesia Vibinews.com, Journal Marketing & Sales. 2007

Komentar

Postingan Populer