Mengelola Word of Mouth
Mengelola Word of Mouth
Sebenarnya implikasi WOM terhadap para pemasar antara lain mereka akan terfokus
kepada kepuasan pelanggan. Menurut Putri (2007), jika pelanggan puas tentunya mereka akan mempromosikan dengan cara WOM. Selain berfokus kepada kepuasan pelanggan, pemasar juga
bisa mengelola aktivitas WOM dengan cara-cara:
1) “Conversation tracking, yaitu memonitor pembicaraan yang berkaitan dengan suatu
merek, baik pembicaraan offline
maupun online.
2) Menciptakan komunitas dengan ketertarikan/bidang yang sama.
3) Program brand advocacy,
yaitu memilih pelanggan yang loyal untuk bertindak mewakili brand tersebut.
4) Memberikan pelayanan yang superior, sehingga menciptakan
kepuasan pelanggan.
5) Blog marketing, yaitu mengelola blog perusahaan ataupun terkait dengan
produk dan berhubungan dengan orang lain melalui blog.
Influencer marketing, yaitu mengidentifikasi siapa saja yang besar pengaruhnya dalam sebuah social network dan bekerjasama dengan
mereka.”16Catatan Kaki:
16) Putri, R, ”Buzz
Marketing, paling Efektif di Indonesia” Vibinews.com, Journal Marketing & Sales. 2007
Komentar
Posting Komentar