Cara Mengatasi Hambatan Komunikasi

Cara Mengatasi Hambatan Komunikasi 



Menurut Gitisudarmo dan Sudito (2000), untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam komunikasi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
a.       “Meningkatkan umpan balik, untuk mengetahui apakah pesan atau informasinya sudah diterima, dipahami, dan dilaksanakan atau tidak.
b.      Empati, penyampaian pesan disesuaikan dengan keadaan penerima.
c.       Pengulangan, untuk menjamin bahwa pesan dapat dimengerti.
d.      Menggunakan bahasa yang sederhana, agar setiap orang dapat memahami isi pesan yang disampaikan.
e.       Penentuan waktu yang efektif, pesan disampaikan pada saat penerima siap mendengarnya.
f.       Mendengarkan secara efektif, sehingga komunikasi antara bawahan dan atasan dapat berlangsung secara baik.

g.      Mengatur arus informasi, komunikasi harus diatur mutunya, jumlahnya, dan cara penyampaiannya.”

Komentar

Postingan Populer