Manfaat Word Of Mouth (Pemasaran dari Mulut ke Mulut), Pemasaran, Komunikasi
Manfaat WOM
Oleh : Astri Dwi Andriani
pict by google |
Griffin (2005) mengatakan bahwa word
of mouth membantu perusahaan dalam menekan biaya promosi karena sumber yang
tidak memiliki kepentingan pribadi akan lebih dipercaya daripada iklan yang
dipasang di media massa dengan biaya yang sangat mahal.
Kartajaya, (2007:183), mengatakan word
of mouth merupakan media komunikasi yang paling efektif. Dengan buzzing
yang tepat, diharapkan persepsi merk yang kurang baik mulai dapat beralih.
Hal tersebut juga disepakati oleh Irawan (2007:27). Irawan mengemukakan bahwa:
“Karakter
suka berkumpul merupakan cermin dari kekuatan pembentukan grup dan komunitas.
Kekuatan komunitas ini sangat besar pengaruhnya terhadap strategi pemasaran.
Salah satu strategi yang penting adalah strategi komunikasi yang menggunakan word
of mouth untuk membantu penetrasi pasar dari suatu merek. Beberapa perusahaan berhasil menaikkan
penjualan melalui strategi ini seperti HSBC dengan program Member Get member, Tupperware, So Klin melalui Agen 1000, Unilever,
BCA dan masih banyak lagi perusahaan yang memanfaatkannya.”14
Catatan Kaki:
14) Irawan Handy,
Prinsip Kepuasan Pelanggan, Elex
Media Komputindo, Jakarta, 2002.
Daftar Pustaka:
Griffin Jill, Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Erlangga, Jakarta, 2005.
Irawan Handy,
Prinsip Kepuasan Pelanggan, Elex
Media Komputindo, Jakarta, 2002.
Kartajaya
H, How Challenger Competing: by Word Of
Mouth, Majalah SWA 09/XXIII/26 April–9 Mei, 2007.
Komentar
Posting Komentar