Manfaat Word Of Mouth (Pemasaran dari Mulut ke Mulut), Pemasaran, Komunikasi

Manfaat WOM 
Oleh : Astri Dwi Andriani

pict by google

Griffin (2005) mengatakan bahwa word of mouth membantu perusahaan dalam menekan biaya promosi karena sumber yang tidak memiliki kepentingan pribadi akan lebih dipercaya daripada iklan yang dipasang di media massa dengan biaya yang sangat mahal. 
Kartajaya, (2007:183), mengatakan word of mouth merupakan media komunikasi yang paling efektif. Dengan buzzing yang tepat, diharapkan persepsi merk yang kurang baik mulai dapat beralih. 
Hal tersebut juga disepakati oleh Irawan (2007:27). Irawan mengemukakan bahwa:

“Karakter suka berkumpul merupakan cermin dari kekuatan pembentukan grup dan komunitas. Kekuatan komunitas ini sangat besar pengaruhnya terhadap strategi pemasaran. Salah satu strategi yang penting adalah strategi komunikasi yang menggunakan word of mouth untuk membantu penetrasi pasar dari suatu merek. Beberapa perusahaan berhasil menaikkan penjualan melalui strategi ini seperti HSBC dengan program Member Get member, Tupperware, So Klin melalui Agen 1000, Unilever, BCA dan masih banyak lagi perusahaan yang memanfaatkannya.14





Catatan Kaki: 
14) Irawan Handy, Prinsip Kepuasan Pelanggan, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002.




Daftar Pustaka: 

Griffin Jill, Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan,           Erlangga, Jakarta, 2005.
Irawan Handy, Prinsip Kepuasan Pelanggan, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002.

Kartajaya H, How Challenger Competing: by Word Of Mouth, Majalah SWA         09/XXIII/26 April–9 Mei, 2007.


Komentar

Postingan Populer