Asah Otak dengan Catur

Asah Otak dengan Catur 

Jika Anda merasa bosan dengan aktivitas olahraga yang itu-itu saja (monoton), cobalah cabang olahraga baru yang mengasah otak seperti permainan catur. Catur juga termasuk olahraga karena unsur kompetisinya tidak hanya terletak pada mental saja, akan tetapi juga pada otak, emosi, fisik sekaligus psikologi. 

Cabang olahraga yang dimainkan oleh dua orang ini dianggap sangat menantang. Karena berperan melatih kepercayaan diri, kedisplinan, kesabaran, dan keterampilan mengambilan keputusan dalam waktu terbatas. 

Dalam catur setiap langkah yang Anda buat harus dengan perhitungan yang sangat matang dan mengandung tujuan yang jelas tanpa mengabaikan posisi lawan. Jika tidak, maka Anda akan kalah. Berikut tim redaksi telah merangkum beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan saat bermain catur.

Meningkatkan Konsentrasi
Catur meningkatkan daya konsentrasi, sebab selama bertanding Anda hanya fokus pada satu tujuan untuk skak mat dan menjadi pemenang.

Mengembangkan Pemikiran yang Logis
Bermain catur memerlukan strategi yang logis. Misalnya, Anda harus menjaga agar posisi bidak raja senantiasa selamat dan aman dari ancaman lawan, tidak membuat posisi bidak menjadi lemah dan tidak membuat bidak-bidak lainnya dimakan lawan tanpa perlawanan.

Meningkatkan Daya Imaginasi dan Kreativitas
Catur dapat membuat Anda menjadi seorang penemu. Begitu banyak kombinasi pertahanan dan perlawanan melalui susunan bidak-bidak yang Anda ciptakan.

Mandiri
Catur mengajarkan Anda menjadi mandiri.  Anda ditantang untuk membuat keputusan yang penting berdasarkan pengamatan sendiri.

Visioner
Catur mengembangkan kemampuan untuk memprediksi dan Melihat segala kemungkinan Yang akan terjadi terkait masih berlangsung Langkah Dari Andari. Pembongkaran mengajarkan Hess Andari mengembangkan kemampuan untuk memprediksi dan meramalkan akibat dari tindakan. Ini mengajarkan Anda untuk melihat kedua arah sebelum menyeberang jalan.

Sains
Catur mengembangkan cara berpikir ilmiah. Sambil bermain, Anda menghasilkan banyak variasi dalam pikiran Anda. Anda menjelajahi ide-ide baru, mencoba untuk memprediksi hasil mereka dan menafsirkan wahyu mengejutkan. Anda memutuskan hipotesis, dan kemudian Anda bergerak Anda dan coba.

Permainan Psikologi
Catur adalah ujian kesabaran, saraf, akan kekuasaan dan konsentrasi. Dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk berinteraksi dengan orang lain. Ini tes sportivitas Anda dalam lingkungan yang kompetitif.(*)

Komentar

Postingan Populer