Berwirausaha Yuk!

Berwirausaha Yuk!
 
Jika Anda mendaki gunung, apa yang paling Anda perlukan? Bekal makanan, peralatan, atau keterampilan? Tentu semuanya penting. Tapi yang paling penting: alasan Anda mendaki gunung. Jika alasan mendaki gunung hanya sekadar untuk coba-coba, sedikit saja mengalami rintangan maka perjalanan tidak akan dilanjutkan. Pendakian pun berlangsung santai, dan Anda tidak ngotot untuk sampai ke puncak dengan cepat. 

Lain lagi jika alasannya adalah untuk mengukir prestasi – apakah menjadi orang yang pertama mencapai puncak gunung itu, atau waktu pendakian tercepat, maupun mengukir nama kelompok. Maka pendakian gunung akan dipersiapkan dengan matang, direncanakan dengan cermat, dan dilakukan dengan penuh semangat. Si pendaki juga tidak mudah menyerah terhadap tantangan dan rintangan yang ditemui. Masalah waktu juga dipertimbangkan dengan baik.

Begitu pun dengan dunia usaha. Jika dipersiapkan dengan baik, maka proses yang akan dijalani umumnya akan lancar. Semangat yang tumbuh kuat untuk menuai kesuksesan akan membuat kita tangguh menghadapi segala rintangan. Saat ini, peluang usaha terbuka bagi siapa saja dan kapan saja. Termasuk Anda, kaum perempuan di segala usia. 

Apalagi saat ini, peran serta wanita semakin diperhitungkan di dunia. Jika kita menilik lebih dekat, ada banyak sekali wanita-wanita hebat di dunia yang mempunyai peran yang penting dan mampu memberikan sumbangan yang sangat berguna bagi dunia. Jika Anda saat ini ingin memberikan sedikit kontribusi bagi dunia, ada banyak cara yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah dengan berwirausaha.

Ada beberapa sikap mental wanita berwirausaha yang harus kita lakukan jika kita ingin meraih kesuksesan. Memiliki tujuan kuat dan sasaran bisnis yang tepat adalah hal pertama yang harus kita miliki. Perempuan yang berjiwa wirausahawan juga harus selalu memiliki motivasi yang tinggi. Motivasi yang tinggi sangat diperlukan agar kita tidak mudah putus asa dalam mengghadapi berbagai rintangan.

Selanjutkan sikap berani memulai namun penuh perhitungan adalah langkah kedua yang harus dilakukan. Perbanyak komunikasi dengan keluarga, teman, dan kerabat untuk memperluas jaringan bisnis. Akun jejaring sosial seperti Facebook, Tweeter, dan Blog sederhana yang gratis dapat menjadi sarana promosi produk kita yang cukup efektif. 

Selain itu sikap rendah hati, merupakan ciri khas wanita yang harus tetap dipertahankan dalam berwirausaha. Apalagi saat wanita yang berwirausaha tersebut tengah ada di puncak kesuksesan. Namun, di luar daripada pada itu, wanita juga tidak boleh lupa mengurus keluarga dengan baik jika dia telah berumahtangga.(*)

Komentar

Postingan Populer