Jiwa Wirausaha pada Anak


Tanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini

pic by google


Wirausaha bukan hanya milik dunia orang dewasa, tapi juga bisa menjadi bagian dari dunia anak-anak. Bedanya, wirausaha pada anak-anak tak bisa dijalankan sendirian, namun membutuhkan bimbingan dan pengawasan orangtua dan guru.

Dengan mengenal dunia usaha sejak dini, anak-anak akan menjadi pribadi yang kreatif dan percaya diri, yang menjadi modal utama produktivitas dan kemandirian anak kala ia dewasa. Selain melatih anak untuk kreatif sejak dini, kegiatan ini juga menjadi salah satu cara mengenalkan profesi entrepreneur pada anak-anak.

Namun begitu, orangtua maupun guru tidak boleh melupakan tujuan utama anak yang berwirausaha. Bukan berorientasi mencari uang semata, melainkan untuk kemandirian, mengasah kreativitas, meningkatkan kepercayaan diri, produktif, dan tidak konsumtif.

Tentu saja jiwa wirausaha pada diri anak tidak serta-merta ada, tapi memerlukan latihan bertahap. Hal ini bisa dimulai dari hal-hal kecil dalam aktivitas keseharian anak. Misalnya, membereskan mainan setelah bermain, rajin sikat gigi sebelum tidur, dan membereskan tempat tidur. Ini merupakan latihan untuk berdisiplin, bertanggung jawab, dan awal pengajaran tentang kepemilikan.

Latihan selanjutnya, orangtua dapat mengajarkan anak untuk mengelola uang dengan baik. Latihan yang perlu diajarkan bukan hanya cara membelanjakan, tapi juga menabung, sedekah, dan mencari uang. Tentu saja cara ini memerlukan konsistensi orangtua terhadap aturan.

Tahap selanjutnya, si anak mulai diajarkan berbisnis kecil-kecilan. Misalnya, menjual makanan ringan ke teman-teman sekolahnya. Dengan syarat, orangtua harus benar-benar melihat kemampuan si anak, agar tidak membebani ketika belajar di sekolah. Kalau kita tahu anak bermasalah dalam konsentrasi belajar, sebaiknya janga diizinkan dahulu.

Dengan demikian, anak akan memiliki keahlian mendasar untuk menjadi seorang pengusaha. Ia akan belajar mengetahui modal awal, harga jual, dan laba dari penjualan. Dan secara tidak langsung, ia juga belajar matematika, marketing, komunikasi, dan lain sebagainya.

Tanggungjawab, kreativitas, dan keberanian mengambil keputusan adalah sifat yang akan muncul pada anak jika jiwa wirausaha ditumbuhkan sejak dini. Sifat tersebut merupakan modal bagi keberhasilan hidup anak saat ia dewasa.(bbs)

Komentar

Postingan Populer