Cintai Budaya Lewat Busana

Cintai Budaya Lewat Busana

Mendekati tanggal 21 April, beberapa dari kita disibukkan dengan keharusan untuk memakai kebaya, sebagai salah satu bukti kecintaan kita terhadap budaya. Pakaian nasional tersebut memang identik dengan perayaan Hari Kartini, tentu saja, karena potret-potret sang pahlawan emansipasi wanita yang selalu memakai kebaya.

Kebaya sendiri merupakan blus tradisional yang terbuat dari bahan tipis seperti brokat, koal, organdi, chiffon, atau sutera yang dikenakan dengan sarung, batik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dan ulos dengan motif yang beragam.

Pada masa kehidupan Kartini, kebaya menjadi salah satu jenis pakaian yang dipakai keluarga yang memiliki kedudukan sosial yang tinggi. Seiring pergeseran waktu, semua wanita di Indonesia bisa memakai kebaya dengan model yang beragam, terlebih lagi setelah kebaya ditetapkan sebagai busana nasional.

Untuk menjadi Kartini masa kini, Anda tak perlu risih dengan bayangan harus mengenakan kebaya sederhana setiap hari dengan konde kuno yang menempel di kepala. Ya, kemodernan zaman telah memudahkan akses segala hal untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan, apapun itu. Adanya emansipasi telah memunculkan bibit-bibit kreatif wanita Indonesia yang tentu saja karyanya dapat mengharumkan nama bangsa.

Anggun adalah kata yang pas bagi wanita mana pun yang mengenakan pakaian tradisional yang satu ini. Kini, kebaya hadir dengan berbagai kreasi, seperti kebaya kerah terbuka (kerah bentuk V), kerah kelelawar, hiasan batu alam yang unik, hingga desain lainnya yang tak lazim seperti kebaya dengan satu pundak, kebaya dengan lengan menggelembung, atau kebaya-kebaya yang dipadukan dengan rok panjang yang lebih mirip ball gown.

Untuk acara semi formal seperti pernikahan, Anda dapat mengenakan kebaya warna soft dan pastel. Warna tanah dan turunannya seperti cokelat muda dan cream dapat menjadi pilihan yang baik. Karena selain memberikan kesan yang manis pada pemakainya, warna tersebut dianggap sangat pas untuk busana kebaya, karena menyatu dengan warna kulit. 

Kebaya tersebut dapat dipadukan dengan kain batik yang telah dijahit menjadi rok, sehingga mudah dan lebih nyaman untuk dipakai. Agar terlihat lebih jenjang dan elegan, Anda dapat mengenakan sepatu tinggi dengan warna senada. Jangan lupa, kenakan beberapa aksesoris sebagai pemanis penampilan Anda.  

Bagaimana ladies? Mudah-mudahan dapat menginspirasi kita untuk berbusana pada hari Kartini bulan ini.(fika)

Komentar

Postingan Populer