Pacu Prestasi Anak

Pilih Ruang Belajar yang Menyenangkan
Pacu Prestasi Anak

Ruang belajar merupakan area penting bagi anak Anda. Karena tempat belajar sedikit banyak mempengatuhi semangat belajar dan prestasi akademik anak di sekolah. Mendesain ruang belajar anak memang gampang-gampang susah, kita harus selektif memilih warna cat, pencahayaan, dan elemen-elemen interior ruang.

Dengan furniture dan pemilihan emelen yang tepat, diharapkan anak akan merasa betah serta tak merasa malas untuk belajar. Hal umum yang perlu diperhatikan adalah pemilihan meja, kursi, lampu belajar. Namun selain aplikasi furniture tersebut, untuk membuat ruang belajar yang nyaman juga perlu pemilihan warna dan tata ruang yang tepat. Inilah beberapa trik untuk ciptakan nuansa ruang belajar yang nyaman bagi anak.

Pilih ukuran furniture yang disesuaikan dengan ukurang ruang belajar anak. Kemudian letakkan meja belajar di dekat jendela atau tempat yang terkena akan sinar matahari. Kenyamanan dan keamanan bagi anak terbuat dari bahan yang empuk untuk dudukan dan sandaran kursinya.
Dilain hal pilihlah meja belajar yang dapat digunakan dalam jangka waktu cukup lama, sekitar 5-6 tahun disesuaikan dengan pertumbuhan sang anak. Untuk furnitur kayu, bersihkanlah debu dan kotorannya setiap hari. Jika furnitur kayu terkena air maka segera di lap sebab jika tidak dapat menyebabkan warnanya memudar.  

Kemudian, letakkan lampu belajar yang cahayanya dapat langsung mengenai objek sehingga objek dapat terlihat jelas dan tidak menyebabkan mata cepat lelah. Gunakanlah kursi yang adjustable sehingga dapat diatur ketinggiannya. Fungsinya untuk mengikuti pertumbuhan anak dan juga kenyamanannya.

Terakhir pilihlah furnitur dengan desain yang menarik baik dari segi bentuk maupun warnanya seperti menggunakan gambar tokoh kartun kesukaannya atau warna kesukaannya. Inilah beberapa warna-warna yang bisa Anda pilih untuk menunjang ruang belajar anak Anda:

Kuning
Bagus untuk merangsang optimisme, kecerdasan, kreativitas, harapan, dan keseimbangan. Cocok untuk ruang belajar.

Oranye
Warna yang mampu memunculkan kesan semangat, mendorong seseorang untuk lebih atraktif, dan berkonsentrasi. Pas jika Anda pilih untuk mendesain ruang belajar.

Biru
Memberikan efek menenangkan dan perasaan nyaman. Bisa menenangkan orang-orang yang sedang tegang, panik, stres. Tapi hati-hati, warna ini bisa menurunkan selera makan dan suhu tubuh. Cocok sebagai warna untuk ruang belajar.

Hijau
Warna yang menenangkan. warna ini bisa mengurangi alergi makanan, karena dapat merangsang antigen untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh kita. Artinya cocok juga untuk ruang belajar

Cokelat
Mampu menumbuhkan perasaan aman, rileks, dan mengurangi keletihan. Sesuai untuk orang yang super sibuk. Tidak terlalu buruk untuk  ruang belajar.
Dengan begitu, ruang belajar akan menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak Anda. Selamat berkreasi.(*)

Komentar

Postingan Populer