FILSAFAT KOMUNIKASI: KAJIAN AWAL


KOMUNIKASI SEBAGAI KEGIATAN ILMIAH
A.   PENGERTIAN KOMUNIKASI
Istilah komunikasi berasal dari bahasa Inggris disebut communication berasal dari bahasa Latin communication dan berasal dari kata communis yang artinya sama. Sama disini adalah sama makna. Antara pemberi pesan dan penerima pesan pada akhirnya mempunyai persamaan makna.
Laswell menyebutkan ada lima komponen dalam komunikasi, diantaranya sebagai berikut:
1.    Communicator (komunikator)
2.    Message (pesan)
3.    Channel (media)
4.    Receiver (komunikan/penerima)
5.    Effect (timbale balik)
Adapun fungsi komunikasi menurut Lasswell adalah:
1.    The surveillance of the environment (pengamatan lingkungan)
2.    The correlation of the parts of society in responding to the environment (korelasi kelompok – kelompok dalam masyarakat ketika menanggapi lingkungan)
3.    The transmission of the social heritage from one generation to the next (transmissi warisan social dari generasi yang satu ke generasi yang lain)

B.   KOMUNIKASI SEBAGAI ILMU
Syarat – syarat agar sebuah pengetahuan dapat dikatakan sebagai ilmu adalah:
1.    Mempunyai objek tertentu
2.    Bersifat sistematis
3.    Berlaku umum
4.    Mempunyai metode tertentu
Komunikasi sendiri dapat memenuhi syarat sebagai ilmu berdasarkan hal yang di bawa ini:
1.    Mempunyai objek tertentu
Objek material ilmu komunikasi adalah perilaku manusia termasuk di dalamnya perilaku individu.
2.    Sistematis
Sistematis berarti menurut suatu sistem tertentu. Kumpulan hal – hal yaitu komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek merupakan satu keseluruhan yang saling terkait.
3.    Universal
Komunikasi bersifat universal karena komunikasi memang sangat diperlukan bagi kepentingan manusia dan masyarakat.
4.    Metode
Sebagai ilmu social yang lain, komunikasi menggunakan metode penelitian social.
Ilmu komunikasi dalam pengelompokan ilmu termasuk dalam kelompok ilmu social dengan kategori ilmu terapan. Penjenisan komunikasi berdasarkan konteksnya (Effendy, 1993:52) sebagai berikut:
1.    Bidang Komunikasi
a.    Komunikasi social
b.    Komunikasi organisasi social/manajemen
c.    Komunikasi bisnis
d.    Komunikasi politik
e.    Komunikasi internasional
f.     Komunikasi antar budaya
g.    Komunikasi pembangunan
h.    Komunikasi tradisional
2.    Sifat komunikasi
a.    Komunikasi verbal (lisan dan tulisan)
b.    Komunikasi nirverbal (kial, gambar, dan lain – lain)
c.    Komunikasi tatap muka
d.    Komunikasi bermedia
3.    Tatanan komunikasi (berdasarkan jumlah komunikan)
a.    Komunikasi pribadi (intrapribadi dan antarpribadi)
b.    Komunikasi kelompok
1.    Komunnikasi kelompok kecil (ceramah, forum, diskusi panel, seminar, curah saran, lain – lain)
2.    Komunikasi kelompok besar
c.    Komunikasi media massa
1.    Komunikasi media massa cetak (koran, majalah)
2.    Komunikasi media massa elektronik (radio, televise, film, lain – lain)
d.    Komunikasi media (surat, telepon, pamphlet, poster, spanduk, dan lain – lain)
4.    Tujuan Komunikasi
a.    Mengubah sikap
b.    Mengubah opini
c.    Mengubah perilaku
d.    Mengubah masyarakat
5.    Fungsi Komunikasi
a.    Menginformasikan
b.    Mendidik
c.    Menghibur
d.    Mempengaruhi
6.    Teknik Komunikasi
a.    Komunikasi informative
b.    Komunikasi persuasive
c.    Komunikasi pervasive
d.    Komunikasi koersif
e.    Komunikasi instruktif
f.     Hubungan manusiawi
7.    Metode Komunikasi
1)    Jurnalisme
2)    Hubungan masyarakat
3)    Periklanan
4)    Propaganda
5)    Perang urat syaraf
6)    Perpustakaan
7)    Dan lain – lain










Komentar

Postingan Populer