Rubrik dan Pengertiannya
Rubrik
Seperti yang dikutip dari library.unisba.ac.id bahwa rubrik adalah
ruangan yang terdapat dalam surat kabar yang memuat isi dan berita, ruangan
khusus yang dapat dimuat dengan periode yang tetap dengan hari-hari tertentu
atau beberapa minggu sekali, yang membuat masalah masing-masing sesuai yang
ditulis rubrik tersebut.
Hal tersebut dipertegas dengan saduran dari yang
menjelaskan bahwa rubrik adalah
kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maupun
majalah.
Dari
kedua penjelasan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa rubrik merupakan
sebuah halaman yang memiliki kepala halaman (kop) yang terdapat di dalam media
cetak baik koran, majalah, tabloid, buletin, dan lainnya. Di dalamnya memuat
mengenai berbagai informasi baik berita, opini, maupun iklan yang senada
sasaran pembacanya.
Misalnya,
di dalam sebuah surat kabar memuat rubrik ekonomi-bisnis. Di dalamnya biasanya
memuat mengenai berita, opini, dan iklan bisnis, sesuai dengan pangsa pasar
yang ditentukan. Begitu pula dengan rubrik remaja, isinya biasanya memuat
mengenai berita terbaru dunia remaja, opini dari kalangan remaja, dan iklan
yang sasaran pembacanya remaja.
Persyratan Rubrik
Dari
penjelasan di atas, penulis dapat menarik kesimpulan baru mengenai beberapa
criteria atau persyaratan sebuah rubrik. Diantaranya:
1. Pangsa
pasar yang jelas
Rubrik tentu saja harus memiliki pangsa pasar yang jelas.
Karena isi dan tampilan yang nanti akan disajikan pada pembaca akan disesuaikan
dengan sasaran pembaca rubrik tersebut. Misalnya, rubrik remaja akan dikemas
lebih berwarna dan didominasi oleh gambar nuansa kartun tiga dimensi untuk
menarik perhatian remaja disbanding dengan rubrik politik yang biasanya hanya
dilengkapi dengan ilustrasi karikatur.
2. Memiliki
konten yang beragam
Umumnya sebuah halaman atau rubrik memiliki lebih dari
tiga konten yang berbeda. Berita atau opini utama biasanya disimpan di bagian
atas halaman dengan foto dan judul yang besar. Berita ini lazim disebut headline atau berita open. Pemilihan
berita open biasanya berdasarkan news
value yang terkandung dalam berita tersebut. Di bawah berita kedua biasanya
terdapat berita yang disebut berita senter atau second yang tidak kalah penting. Berita jenis ini biasanya diberi
garis lurus atau kotak sehingga dapat dibedakan dengan berita umum biasanya.
Konten yang ketiga biasanya berbentuk kirian. Biasanya memuat sekilas info,
ensiklopedia, berita ringan, pojok, komentar pembaca, SMS dari warga, sosok
atau tokoh inspiratif, maupun tips dan trik. Di luar dari ketiga hal tersebut,
sebuah rubrik biasanya diisi dengan berita tambahan, iklan, foto, atau
ilustrasi lainnya.
3. Memiliki
dumi
Dumi adalah kerangka halaman yang dapat menjadi panduan
divisi pracetak dalam menyimpan konten berita, foto, dan ilustrasi menjadi
halaman yang menarik dan enak dipandang. Dumi ini biasanya memiliki standar
yang baku, walaupun tata letaknya dapat berubah sewaktu-waktu. Misalnya berita
headline selalu disimpan di bagian atas rubrik, foto open selalu berdampingan
dengan berita open, kirian selalu disimpan dikiri, iklan spanduk selalu
disimpan di atas atau di bawah halaman, dan lain sebagainya. Dengan adanya
dumi, akan memudahkan divisi pracetak dalam menentukan berapa berita, foto,
atau iklan yang dapat masuk dalam sebuah halaman.
4. Memiliki
nama dan kop
Layaknya sebuah produk yang saling bersaing untuk
mendapatkan konsumen, rubrik pun harus memiliki gaya dan tampilan yang menarik
agar dapat menjual. Selain dengan tata letak dan perwajahan yang dinamis, hal
tersebut juga dapat dilakukan dengan cara memilih nama dan membuat desain kop
(atasan) rubrik yang menarik dan menjual. Sesuai dengan prinsip branding, nama sebuah rubrik harus mudah
diingat, sesuai dengan segmentasi pembaca, dan mengandung arti atau harapan.
Misalnya rubrik Ekspresi untuk halaman remaja. Pemilihan nama ‘ekspresi’
sendiri sangat tepat ditujukan pada masa remaja yang cenderung terus bersemangat
dan bergelora. Di sisi lain, namanya juga mudah dibaca dan diingat. Selain itu,
rubrik ini juga mengandung harapan agar dapat menjadi rubrik yang dapat
menampung berbagai ekspresi remaja baik inovasi, karya, maupun kreativitas
dengan positif.
Berbagai
hal tersebut bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan pembaca dan mendatang
keuntungan (profit) bagi sebuah perusahaan. Karena sesuai dengan yang telah
dijelaskan di muka bahwa lembaga penerbitan pers juga merupakan lembaga bisnis.
Keuntungan yang didapatkan dari peningkatan oplah Harian Umum Cianjur Ekspres,
sebagai tempat penulis melakukan penilitian yang diakibatkan oleh rubrik
Ekspresi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pemasaran koran (baik
eceran maupun langganan), dan kerjasama produk berbentuk barter, mengadakan
kegiatan promotif seperti seminar ataupun lomba, dan membuat halaman sebaik
mungkin sehingga menarik minat pembaca untuk membeli koran tersebut.
Tulisannya sangat bermanfaat untuk skripsi sejarah saya. terimakasih, bu.
BalasHapus