Rubrik dan Pengertiannya

   Rubrik
Seperti yang dikutip dari library.unisba.ac.id bahwa rubrik adalah ruangan yang terdapat dalam surat kabar yang memuat isi dan berita, ruangan khusus yang dapat dimuat dengan periode yang tetap dengan hari-hari tertentu atau beberapa minggu sekali, yang membuat masalah masing-masing sesuai yang ditulis rubrik tersebut.
Hal tersebut dipertegas dengan saduran dari yang menjelaskan bahwa rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maupun majalah.
Dari kedua penjelasan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa rubrik merupakan sebuah halaman yang memiliki kepala halaman (kop) yang terdapat di dalam media cetak baik koran, majalah, tabloid, buletin, dan lainnya. Di dalamnya memuat mengenai berbagai informasi baik berita, opini, maupun iklan yang senada sasaran pembacanya.

Misalnya, di dalam sebuah surat kabar memuat rubrik ekonomi-bisnis. Di dalamnya biasanya memuat mengenai berita, opini, dan iklan bisnis, sesuai dengan pangsa pasar yang ditentukan. Begitu pula dengan rubrik remaja, isinya biasanya memuat mengenai berita terbaru dunia remaja, opini dari kalangan remaja, dan iklan yang sasaran pembacanya remaja. 

Persyratan Rubrik
Dari penjelasan di atas, penulis dapat menarik kesimpulan baru mengenai beberapa criteria atau persyaratan sebuah rubrik. Diantaranya:
1.       Pangsa pasar yang jelas
Rubrik tentu saja harus memiliki pangsa pasar yang jelas. Karena isi dan tampilan yang nanti akan disajikan pada pembaca akan disesuaikan dengan sasaran pembaca rubrik tersebut. Misalnya, rubrik remaja akan dikemas lebih berwarna dan didominasi oleh gambar nuansa kartun tiga dimensi untuk menarik perhatian remaja disbanding dengan rubrik politik yang biasanya hanya dilengkapi dengan ilustrasi karikatur.
2. Memiliki konten yang beragam
Umumnya sebuah halaman atau rubrik memiliki lebih dari tiga konten yang berbeda. Berita atau opini utama biasanya disimpan di bagian atas halaman dengan foto dan judul yang besar. Berita ini lazim disebut headline atau berita open. Pemilihan berita open biasanya berdasarkan news value yang terkandung dalam berita tersebut. Di bawah berita kedua biasanya terdapat berita yang disebut berita senter atau second yang tidak kalah penting. Berita jenis ini biasanya diberi garis lurus atau kotak sehingga dapat dibedakan dengan berita umum biasanya. Konten yang ketiga biasanya berbentuk kirian. Biasanya memuat sekilas info, ensiklopedia, berita ringan, pojok, komentar pembaca, SMS dari warga, sosok atau tokoh inspiratif, maupun tips dan trik. Di luar dari ketiga hal tersebut, sebuah rubrik biasanya diisi dengan berita tambahan, iklan, foto, atau ilustrasi lainnya.
3. Memiliki dumi
Dumi adalah kerangka halaman yang dapat menjadi panduan divisi pracetak dalam menyimpan konten berita, foto, dan ilustrasi menjadi halaman yang menarik dan enak dipandang. Dumi ini biasanya memiliki standar yang baku, walaupun tata letaknya dapat berubah sewaktu-waktu. Misalnya berita headline selalu disimpan di bagian atas rubrik, foto open selalu berdampingan dengan berita open, kirian selalu disimpan dikiri, iklan spanduk selalu disimpan di atas atau di bawah halaman, dan lain sebagainya. Dengan adanya dumi, akan memudahkan divisi pracetak dalam menentukan berapa berita, foto, atau iklan yang dapat masuk dalam sebuah halaman.
4. Memiliki nama dan kop
Layaknya sebuah produk yang saling bersaing untuk mendapatkan konsumen, rubrik pun harus memiliki gaya dan tampilan yang menarik agar dapat menjual. Selain dengan tata letak dan perwajahan yang dinamis, hal tersebut juga dapat dilakukan dengan cara memilih nama dan membuat desain kop (atasan) rubrik yang menarik dan menjual. Sesuai dengan prinsip branding, nama sebuah rubrik harus mudah diingat, sesuai dengan segmentasi pembaca, dan mengandung arti atau harapan. Misalnya rubrik Ekspresi untuk halaman remaja. Pemilihan nama ‘ekspresi’ sendiri sangat tepat ditujukan pada masa remaja yang cenderung terus bersemangat dan bergelora. Di sisi lain, namanya juga mudah dibaca dan diingat. Selain itu, rubrik ini juga mengandung harapan agar dapat menjadi rubrik yang dapat menampung berbagai ekspresi remaja baik inovasi, karya, maupun kreativitas dengan positif.
Berbagai hal tersebut bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan pembaca dan mendatang keuntungan (profit) bagi sebuah perusahaan. Karena sesuai dengan yang telah dijelaskan di muka bahwa lembaga penerbitan pers juga merupakan lembaga bisnis. Keuntungan yang didapatkan dari peningkatan oplah Harian Umum Cianjur Ekspres, sebagai tempat penulis melakukan penilitian yang diakibatkan oleh rubrik Ekspresi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pemasaran koran (baik eceran maupun langganan), dan kerjasama produk berbentuk barter, mengadakan kegiatan promotif seperti seminar ataupun lomba, dan membuat halaman sebaik mungkin sehingga menarik minat pembaca untuk membeli koran tersebut.

Komentar

  1. Tulisannya sangat bermanfaat untuk skripsi sejarah saya. terimakasih, bu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer